Seminar dan Lokakarya (SEMILOKA)

A. LATAR BELAKANG
Sebagai lembaga penyelenggara pendidikan Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Sabilillah Malang telah mengembangkan pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) Islam, Sekolah Dasar (SD) Islam, Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Sabilillah Malang. Keempat satuan pendidikan tersebut tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga menjadi sekolah-sekolah unggul dan banyak diminati masyarakat. Pendidik dan tenaga kependidikannya tumbuh dan berkembang secara kuantitatif maupun kualitatif. Sistem pembelajarannya pun selalu diperbaharui. Demikian pula sarana dan prasarananya dikembangkan secara terus-menerus. 
LPI Sabilillah Malang memiliki program pengabdian masyarakat yaitu membina sekolah-sekolah di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif yang dimulai tahun 2011. Dalam beberapa tahun pertama wilayah sasarannya adalah semua sekolah/madrasah Ma’arif Malang Raya. Dua tahun pertama (2011—2012) Program pembinaanya difokuskan kepada peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikannya, dalam bentuk seminar dan bimbingan teknis kepala sekolah dan guru sekolah Ma’arif. Pada tahun 2015 pembinaan sekolah/madrasah Ma’arif semakin ditingkatkan, yaitu tidak hanya dalam bentuk pembinaan pendidik dan tenaga kependidikannya melalui seminar dan bimbingan teknis, melainkan juga pembinaan secara menyeluruh melalui cloning system yaitu  pembinaan sekolah/madrasah ma’arif agar secara bertahap tumbuh dan berkembang sebagaimana Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA). Selanjutnya sekolah/madrasah Ma’arif tersebut menjadi SISMA Group yang tergabung sebagai angkatan I dengan berpegang teguh terhadap asas bahwa sekolah-sekolah/madrasah Ma’arif tersebut adalah milik yayasan penyelenggaranya, dikordinasikan oleh LP Ma’arif setempat, sedangkan kinerja pembelajaran, budaya sekolah, manajemen sekolah, dan partisipasi masyarakatnya menerapkan Model SISMA.
Kegiatan Semiloka juga mengajak sekolah-sekolah islam mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA untuk ikut dalam semiloka mulai dari area malang sampai dengan luar malang, sehingga dapat mengembangkan sekolah mereka masing-masing dengan baik dan diterima oleh masyarakat luas. Sekolah-sekolah yang sudah mendaftar nantinya akan diberikan pembinaan secara intensif  melalui program SEMINAR DAN LOKAKARYA (SEMILOKA) yang berkelanjutan setiap bulannya agar menjadi sekolah yang berkualitas dan unggul berbasis SISMA.

B. TUJUAN KEGIATAN 
Tujuan umum program ini adalah mewujudkan sekolah/madrasah Ma’arif menjadi satuan pendidikan lebih berkualitas. Tujuan khusus program ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sekolah/madrasah yang tergabung dalam SISMA Group dan Sekolah Islam diluar SISMA Group, agar mereka memiliki kompetensi yang lebih baik dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
  2. Memberikan fasilitasi cloning ke sekolah/madrasah yang tergabung dalam agar kinerja pola dan kualitas pembelajaran, budaya, manajemen sekolah, dan partisipasi masyarakatnya kurang lebih sebagaimana diterapkan SISMA